Enter your keyword

The 18th Annual Meeting and International Conference The Association of Indonesia Nursing Education Center (AINEC)

The 18th Annual Meeting and International Conference The Association of Indonesia Nursing Education Center (AINEC)

The 18th Annual Meeting
and International Conference
The Association of Indonesia Nursing
Education Center (AINEC)

Annual meeting AINEC (Association of Indonesia Nursing Education Center) atau yang dikenal juga dengan Rapat Tahunan Anggota (RTA) AIPNI (Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia) merupakan kegiatan yang diikuti oleh Institusi Pendidikan Ners seluruh Indonesia. STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang sebagai salah satu Insitusi penyelenggara Pendidikan Ners rutin mengikuti kegiatan ini setiap tahunnya.Rapat tahunan Anggota AIPNI ini dilaksanakan pada tanggal 10-12 Oktober 2019 bertempat di El Royale Hotel Bandung. RTA AIPNI ke 18 ini diikuti oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik, Mitayani, SST., M.Biomed dan Ketua Prodi Profesi Ners, Ns. Lenni Sastra, S.Kep.,M.S. Agenda dari rapat tahunan ini adalah pembahasan terkait dengan isu dan kebijakan dalam penyelenggaraan Pendidikan Ners serta capaian kerja AIPNI dan juga rencana kerja berikutnya. Adapun pembicara yang hadir pada kegiatan ini antara lain :

  1. Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Kemenristekdikti, Prof. Ali Ghufron
  2. Direktur Penjaminan Mutu Kemenristekdikti, Prof. Aris Junaidi
  3. Ketua Lamptkes, Dr. Soetrisno
  4. Dewan Pengawas AIPNI, Prof. Achir Yani
  5. Ketua DPP PPNI, Harif Fadhillah, S.Kp., S.H., M.Kep
  6. Ketua KARS, Dr. dr. Sutoto, M.Kes
  7. Ketua AIPNI, Dr. Muhammad Hadi

Sejalan dengan kegiatan ini juga diselenggarakan International Conference dengan tema “Current challenges, strategies and future direction of nursing education in Indonesia“. Invited speaker pada kegiatan ini adalah :

  1. Prof. Miaofen Yen dari National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan
  2. Kamolrat Turner, Ph.D dari PBRI Thailand
  3. Prof. Smith dari Edinburg University
  4. Prof. Khatyjah dari Malaya University

Salah satu agenda yang ada dalam kegiatan ini adalah pemberian penghargaan kepada institusi dengan beberapa kategori. Adapun jenis penghargaan yang diberikan adalah sebagai berikut :

  1. Akreditasi Internasional
  2. Akreditasi lamptkes dengan hasil “A”
  3. Hasil UKOM tertinggi ditingkat nasional dan regional

Pada ketegori penghargaan untuk hasil UKOM Ners, STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang mendapatkan peringkat 3 untuk tingkat AIPNI regional 3 (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri) pada UKOM periode Oktober 2018 pada cluster jumlah peserta lebih dari 100 orang dengan persentase kelulusan UKOM adalah 74.36%. Penghargaan diberikan dalam bentuk sertifikat.