Visi

Menjadi pusat pendidikan tinggi yang menghasilkan tenaga pendidik di bidang pendidikan khusus yang berkarakter dan kompetitif serta unggul dalam Edupreneur.

Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan di bidang pendidikan khusus yang berkarakter dan kompetitif serta unggul dalam edupreneur.
  2. Mengembangkan penelitian di bidang pendidikan khusus untuk menghasilkan karya ilmiah dan publikasi yang menjadi rujukan nasional dan international
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat secara profesional dan bekerja sama dengan masyarakat, pemerintah dan lembaga pendidikan dalam membina dan mengembangkan pendidikan khusus
  4. Mengembangkan edupreneur untuk peningkatan kualitas layanan pendidikan Khusus

Prospek Pekerjaan

  1. Menjadi tenaga pendidik anak berkebutuhan khusus dan layanan khusus di SLB, dan Sekolah Inklusif.
  2. Sebagai guru pendamping (shadow teacher) pada sekolah reguler/sekolah pada umumnya.
  3. Menjadi volounter di bidang pendidikan khusus dan layanan khusus dalam berbagai aspek.
  4. Menjadi konsultan dalam bidang pendidikan kebutuhan khusus dan inklusif
  5. Membangun rumah belajar dibidang pendidikan khusus dan layanan khusus secara mandiri
  6. Interpreter bahasa isyarat
  7. Eduprenuer Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (Spesial Education Centre, Assesment Centre, Konsultan Pendidikan Khusus, Bimbingan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), pengembangan media pembelajaran ABK, dan pengembangan teknologi serta aksesibilitas bagi penyandang disabilitas).

Program Studi S1 Pendidikan Khusus

Sejalan dengan perubahan bentuk dari STIKes Mercubaktijaya menjadi Universitas Mercubaktijaya yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek melalui Surat Keputusan No.9/E/0/2024 dengan menambah Program Stusi Baru yaitu Prodi S1 Pendidikan Khusus dibawah naungan Fakultas Sosial dan Bisnis Universitas Mercubaktijaya.

Prodi S1 Pendidikan Khusus juga telah mendapat Akreditasi minimum sesuai dengan SK penetapan Keputusan LAMDIK No.969/SK/LAMDIK/Ak-PSB/S/VIII/2024 dengan Akreditasi Baik. Seiring berjalannya waktu dan menyesuiakan dengan peraturan nomenklatur terbaru maka PLB (Pendidikan Luar Biasa) kini berubah penyebutan menjadi PKh (Pendidikan Khusus) yang menghasilkan Tenaga Pendidik bagi anak berkebutuhan khusus maupun Peserta Didik Penyandang Disabilitas. Bersama Dosen-Dosen Ahli dan Linear di bidangnya, mahasiswa akan dididik menjadi Professional Tenaga Pendidik yang Siap Bekerja menangani Anak Berkebutuhan Khusus serta Peserta Didik Penyandang Disabilitas.

Pengelola Lembaga Pendidikan Khusus

Sarjana pendidikan khusus mampu merintis, mengembangkan dan mengelola lembaga Pendidikan dan atau pelatihan dalam bidang Pendidikan Khusus/Pendidikan Luar Biasa

Fasilitas Unggulan

Selain fasilitas kampus yang memadai untuk belajar akademik dan non akademik, Prodi S1 Pendidikan Khusus juga mempunyai fasilitas unggulan untuk menunjang kegiatan praktik mahasiswa diantaranya ada Laboratorium Pendidikan Khusus, Laboratorium Microteaching serta Laboratorium Pembelajaran berbasis Praktik.

Lapangan Pekerjaan

Lulusan S1 Pendidikan Khusus tidak hanya bekerja sebagai Guru di Sekolah Luar Biasa/Sekolah Khusus saja melainkan jenjang karir terbuka luas dianataranya bisa menjadi Guru di sekolah Inklusi, Menjadi Interpreter Bahasa Isyarat, Guru Privat (Personal Life Coach) ABK, dan Mendirikan Lembaga Bimbel untuk ABK serta berkesempatan luas untuk studi lanjut S2 dan S3 jalur Mandiri dan Beasiswa.

Pendidik Pendidikan Khusus

Guru pendidikan khusus/pendidikan luar biasa yang: kompeten, komunikatif, inovatif, kolaboratif, berakhlaq mulia, memiliki karakter dan komitmen yang kuat sebagai pendidik. Mampu mendidik anak berkebutuhan khusus pada berbagai jenis, jalur dan jenjang pendidikan, di sekolah khusus maupun di sekolah reguler (inklusi), dengan keunggulan kemampuan mengembangkan edupreneur dibidang pendidikan khusus.