Enter your keyword

Praktek Aplikasi Keperawatan Keluarga Prodi DIII Keperawatan

Praktek Aplikasi Keperawatan Keluarga Prodi DIII Keperawatan

Praktek Aplikasi Keperawatan Keluarga
Prodi DIII Keperawatan

Perawat keluarga adalah perawat yang berperan membantu individu dan keluarga untuk menghadapi penyakit dan disabilitas kronik dengan meluangkan sebagian waktu bekerja di rumah pasien dan bersama keluarganya serta membantu keluarga dalam mengatasi masalah masalah kesehatan dan meningkatkan kesanggupan keluarga dalam melakukan fungsi perawatan kesehatan.

Keperawatan keluarga dititik beratkan pada kinerja perawat bersama dengan keluarga karena keluarga merupakan subjek yang akan dilakukan intervensi keperawatan khusunya keperawatan keluarga.

Mahasiswa tingkat 3 Prodi D III Keperawatan STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang, saat ini melakukan praktek aplikasi keperawatan keluarga selama 12 hari di RW 1, Kelurahan Gurun Laweh, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Saat ini yang menjadi Ketua Pelaksana adalah Ns. Defrima Oka Surya, M. Kep, Sp. Kep. Kom.

Pembukaan oleh Sekretaris Kecamatan Nanggalo Robert Chandra Eka Putra, S.Sos., MSi

Penyerahan Proposal, Petunjuk dan Teknis serta Mahasiswa Prodi DIII Keperawatan tingkat tiga

Foto bersama dengan Mahasiswa DIII yang akan melakukan Praktik Aplikasi Keperawatan Keluarga

Pembukaan acara berlangsung di Kantor Camat Nanggalo, Kota Padang. Dihadiri oleh Sekretaris Camat, Robert Chandra Eka Putra, S.Sos., MSi, Wakil Lurah Gurun Laweh, Kabid Kesehatan Sosial Kecamatan Nanggalo, Perwakilan Puskesmas Nanggalo, Wakil Ketua I Mitayani, S.S.T., M.Biomed, dan Dosen Program Studi DIII Keperawatan STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang.

Dalam rangkaian prakteknya, mahasiswa melakukan pengkajian kepada keluarga binaan sampai melakukan implementasi keperawatan keluarga secara tepat terkait permasalah kesehatan yang ditemukan dikeluarga. Kemudian juga mensosialisasikan tentang gaya hidup, perilaku beresiko, serta mendeteksi awal penyakit yang ada di keluarga. Semua itu bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan keluarga.

“Untuk menjadi perawat keluarga yang kompeten, perlu dibekali diri dengan PKS, yaitu Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap serta komunikasi yang baik kepada keluarga sehingga bisa memberikan perawatan yang maksimal serta bisa menjadi contoh yang baik untuk keluarga binaan” ungkap Bu Hj. Elmiyasna, K. S. Kp. MM selaku Ketua STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang pada saat melakukan Supervisi dikegiatan praktek Aplikasi Keperawatan Keluarga Prodi D III Keperawatan STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang.

Supervisi oleh Ketua STIKes MERCUBAKTIJAYA Hj. Elmiyasna, K. S. Kp. MM Padang

Foto bersama kelompok 1 usai supervisi

Foto bersama kelompok 2 usai supervisi

No Comments

Leave a Reply