Enter your keyword

Pengabdian Masyarakat Prodi DIII Kebidanan “FORTUNA BUMIL KU”

Pengabdian Masyarakat Prodi DIII Kebidanan “FORTUNA BUMIL KU”

Pengabdian Masyarakat Prodi DIII Kebidanan
“FORTUNA BUMIL KU (Forum Pembentukan dan Pembinaan Ibu Hamil Berkualitas)”

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Prodi DIII Kebidanan dengan tema “FORTUNA BUMIL KU (Forum Pembentukan dan Pembinaan Ibu Hamil Berkualitas)” dilaksanakan di Puskesmas Nanggalo Padang tanggal 23 Oktober 2019.

Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah: 1. UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 51 dinyatakan bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesional, dosen berkewajiban untuk melaksanakan kegiatan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Untuk itu, Prodi DIII Kebidanan melakukan koordinasi dengan Puskesmas Nanggalo sebagai Mitra untuk mengidentifikasi masalah kebidanan di wilayah kerja Puskesmas Nanggalo.

Sambutan dari Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Padang Depitra Wiguna, M.Kes

Sambutan Sekretaris Camat Kecamatan Nanggalo Robert Chandra Eka Putra,S.Sos.,M.Si

Laporan kegiatan Pengabmas oleh ketua prodi DIII Kebidanan Widya Lestari, S.SiT., M.Keb

Penyerahan SK FORTUNA BUMIL KU oleh Kepala Puskesms (dr. Devita Rizqi) kepada Ketua Pengurus (Senthya Firriani, S.SiT., M.Biomed)

Penjelasan dari narasumber kegiatan Hypno Birthing dan Prenatal Yoga Elsi Ermalinda, M.ACMP (owner happy madina)

Kegiatan diawali dengan pembukaan kelas FORTUNA BUMIL KU yang dihadiri oleh: Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang yang diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Kepala Seksi Kesehatan Keluarga; Camat Kecamatan Nanggalo Padang yang diwakili oleh Sekretaris Camat Kecamatan Nanggalo Padang, Lurah Kelurahan Surau Gadang yang dihadiri oleh Sekretaris Lurah Kelurahan Surau Gadang, Kepala Puskesmas Nanggalo Padang beserta staf pelaksana, Ibu-ibu hamil Risiko Tinggi yang berada di Wilayah Puskesmas Nanggalo Padang.

Berdasarkan hasil diskusi, mitra melaporkan bahwa Jumlah Ibu Hamil Risiko Tinggi jumlahnya terus meningkat. Pada bulan September 2019, ditemukan sebanyak 18 Ibu Hamil Risiko Tinggi. Untuk itu, Prodi DIII Kebidanan dengan bekerjasama dengan Mitra untuk membentuk FORTUNA BUMIL KU untuk mendampingi Ibu Hamil Risiko tinggi tersebut menjalani kehamilannya dan mencegah komplikasi sampai masa nifas.

Ke depan, kegiatan ini secara kontinu akan dilakukan setiap bulan oleh Tim Pengurus (Puskesmas Nanggalo dan Prodi DIII Kebidanan STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang) berupa akupresure ibu hamil, pendidikan kesehatan dan konsultasi masalah kesehatan ibu hamil dan layanan ibu hamil lainnya.

No Comments

Leave a Reply