Enter your keyword

Pembinaan Karakter Mahasiswa Tingkat II

Kegiatan Pembinaan Karakter Mahasiswa Tingkat II STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang Tanggal 13 September 2019 di Auditorium STIKes MERCUBAKTIJAYA.

Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an oleh Mahasiswa Tingkat I

Acara Diawali dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an, yang dibacakan oleh perwakilan dari mahasiswa baru tingkat I STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang.

Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Setelah Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang di pandu oleh Mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan pembentukan karakter mahasiswa tingkat II.

Wakil Ketua III ibu Zulfita, S.ST., M.Biomed memberikan kata sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan pembinaan karakter mahasiswa tingkat II STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang.

Dalam sambutannya wakil ketua III berharap, dengan diadakannya pembinaan karakater mahasiswa ini, dapat menghasilkan lulusan STIKes MERCUBAKTIJAYA yang berkarakter, kompetitif, dan mampu bersaing di dunia kerja. Dan juga wakil ketua III memberitahukan kegiatan pembinaan karakter mahasiswa ini juga menjadi salah satu syarat wisuda bagi mahasiswa STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang.

Selain itu wakil ketua III  juga membertahukan agenda apa saja yang akan di ikuti oleh mahasiswa tingkat II pada kegiatan ini, dan di akhir kegiatan akan diadakan ujian untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mahasiswa yang mengikuti kegiatan pembinaan karakter ini. yang akan menentukan lulus atau tidaknya mahasiswa dalam kegiatan ini. jika tidak lulus dalam ujian pembinaan karakter ini, maka mahasiswa diwajibkan mengulang kembali di acara pembinaan karakter selanjutnya.

Pembacaan doa

Foto Bersama

Penyampaian Materi “Menjadi Mahasiswa Hebat” oleh Dr. Sumartono Mulyodiharjo, S.Sos., M.Siuntuk menjadi mahasiswa hebat itu kita harus berani tampil, percaya diri dengan kemampuan kita, dan harus memotivasi diri sendiri bahwa kita bisa melalui segala sesuatu selama kita mau berusaha dan tidak ada kata putus asa. Dan juga, Menurut bapak Dr. Sumartono Mulyodiharjo, S.Sos., M.Si ada 5 karakter yang harus dimiliki oleh mahasiswa agar bina menjadi mahasiswa hebat, diantaranya yaitu:

  1. Harmoni, yaitu sebagai mahasiswa kita harus menjadi hubungan yang baik, baik itu antara mahasiswa dengan dosen, maupun antara sesama mahasiswa.
  2. Edukatif yaitu sebagai mahasiswa kita harus memiliki pengetahuan dan cara berpikir yang luas.
  3. Bersahabat yaitu sebagai mahasiswa harus bisa bersahabat dengan siapa pun, baik itu dengan dosen maupun sesama manusia.
  4. Antusias yaitu selalu semangat dalam menjalani perkuliah dan tidak ada kata menyerah dalam melakukan sesuatu dalam perkuliahan. Harus selalu berjuang dalam mencapai sesuatu.
  5. Totalitas yaitu harus total dalam menjalani perkuliahan, jangan setengah-setengah.

Jika kelima karakter tersebut sudah melekat pada diri mahasiswa, maka sudah bisa dikatakan mahasiswa tersebut sudah menjadi mahasiswa hebat.

Pemberian Souvenir kepada Mahasiswa yang bertanya oleh bapak Dr. Sumartono Mulyodiharjo, S.Sos., M.Si

Pemberian Souvenir kepada Mahasiswa yang mampu menjawab pertanyaan dari mahasiswa yang bertanya oleh bapak Dr. Sumartono Mulyodiharjo, S.Sos., M.Si

Pemberian kenang-kenangan buku “Komunikasi Spektakuler” oleh bapak Dr. Sumartono Mulyodiharjo, S.Sos., M.Si kepada STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang. Buku tersebut merupakan buku karangan beliau sendiri.

Penyampaian Materi Tadabbur Hijrah oleh Bapak Ridwan Sanusi. Pada sesi ini mahasiswa diberikan bekal, tentang apa itu hijrah, bagaimna cara hijrah yang sebenarnya.

This slideshow requires JavaScript.

 

Mahasiswa di muhasabah oleh bapak ridwan sanusi. Muhasabah ini bertujuan untuk membuat mahasiswa merenungkan kesalahan2 yang telah dilakukan selama ini, baik kepada ALLAH, orang tua, teman maupun orang disekitar. Dan diharapkan setelah dilakukan muhasabah ini, mahasiswa bisa menjadi pribadi yang lebih baik, santun, dan lebih mendekatkan diri kepada ALLAH SWT.

Setelah dilakukan muhasabah oleh bapak Ridwan Sanusi, selanjutnya mahasiswa di ajak membaca surat al kahfi secara bersama-sama. Disini bapak Ridwan Sanusi menjelasakan keutamaan membaca surat al kahfi pada hari jum’at, yaitu terdapat pada hadits “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi).

selanjutnya bapak Ridwan Sanusi memberikan materi tentang menggapai shalat khusyuk. Disini bapak Ridwan Sanusi menjelaskan tentang pengertian shalt, macam-macam shalat, dan bagaimana cara menggapai shalat yang khusyuk tersebut.