Enter your keyword

Angkat Sumpah Perawat dan Bidan

Angkat Sumpah Perawat dan Bidan STIKes Mercubaktijaya Padang

Hari ini, 2 Oktober 2019 menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa keperawatan dan kebidanan baik itu S1, D III maupun Profesi Ners. Angkat sumpah ini merupakan hal yang wajib, untuk keperawatan sebagaimana menurut UU Nomor 38 tahun 2014 tentang Keperawatan pasal 1, bahwa seseorang yang telah lulus pendidikan tinggi Keperawatan, baik di dalam maupun di luar negeri yang diakui oleh Pemerintah sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundangundangan. Perawat yang menjalankan praktik keperawatan wajib memiliki Surat Tanda Regristrasi (STR). Salah satu syarat memiliki STR adalah memiliki surat pernyataan telah mengucapkan sumpah profesi. Sedangkan bidan mengacu pada UU Nomor 36/2014 tentang Tenaga Kesehatan Bab VI Pasal 44 ayat (3) huruf d menyebutkan bahwa persyaratan penerbitan STR harus memiliki surat pernyataan telah mengucapkan Sumpah dan Janji Bidan.

Acara diadakan di Auditorium STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang, dihadiri oleh Ns.Tasman,S.Kep,Sp.Kom selaku ketua bidang diklat dan organisasi PPNI Sumatera Barat, Elok Syahninar, Amd. Keb. SIP selaku Ketua Ikatan Bidan Indonesia Sumatera Barat dan dr. Lila Yanwar, M.Kes selaku Kabid Sumber Daya Kesehatan Sumatera Barat serta Jasmarizal, SKp, MARS selaku Ketua Yayasan MERCUBAKTIJAYA Padang, Elmiyasna K., SKp, MM selaku Ketua STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang dan staf dosen.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu mars masing-masing prodi, dan dilanjutkan dengan penandatanganan sumpah yang diwakili oleh salah seorang mahasiswa dari masing-masing prodi. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Bidang Diklat dan Organisasi PPNI Sumatera Barat, Ketua Ikatan Bidan Indonesia Sumatera Barat, Kabid Sumber Daya Kesehatan Sumatera Barat, Ketua STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang dan terakhir kata sambutan dari Ketua Yayasan MECUBAKTIJAYA Padang. Acara diakhiri dengan foto bersama, masing-masing prodi.

 

No Comments

Leave a Reply