Enter your keyword

Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal

Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal oleh LP3M STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang

 

Sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi, untuk mencapai revolusi industri 4.0 maka LP3M STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang beserta anggota mengadakan sosialiasai Sistem Penjaminan Mutu Internal, untuk meningkatkan kualitas dalam menuju akreditasi dengan sembilan kriteria.

Bertempat di ruang rapat gedung E STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang, acara dihadiri oleh anggota SPMI dan yang terkait. Acara dibuka dengan kata sambutan dari Ketua STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang Elmiyasna K., SKp, MM dan dilanjutkan oleh Yani Maidelwita, SKM., M.Biomed sebagai Ketua LP3M STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang untuk menyampaikan sosialisasi mengenai standar akreditasi dengan sembilan kriteria.

Mengacu kepada Pasal 5 ayat (1) Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016 tentang SPM Dikti, SPMI mempunyai kegiatan yang terdiri dari : Penetapan Standar Dikti, Pelaksanaan Standar Dikti, Evaluasi (Pelaksanaan) Standar Dikti, Pengendalian (Pelaksanaan) Standar Dikti, Peningkatan Standar Dikti.

Sedangkan tahapan akreditasi sendiri mengacu kepada Pasal 6 ayat (1) Permenristekditi No. 62 Tahun 2016 tentang SPM Dikti adalah : Evaluasi Data dan Informasi, Penetapan Status Akreditasi dan Peningkat Terakreditasi, Pemantauan dan Evaluasi Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi.

Sedangkan Kriteria Penilaian Sistem Akreditasi Nasional Pendidikan TInggi dengan sembilan kriteria itu sendiri terdiri dari :

  1. Visi, Misi, Tujuan, Strategi
  2. Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerja Sama
  3. Mahasiswa
  4. Sumber Daya Manusia
  5. Keuangan, Sarana dan Prasarana
  6. Pendidikan
  7. Penelitian
  8. Pengabdian Kepada Masyarakat
  9. Capaian : Hasil Pendidikan, Hasil Penelitian, Haisl PKM

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab mengenai sembilan kriteria dan hal apa yang harus disiapkan untuk memenuhi sembilan kriteria tersebut.