Enter your keyword

Sejarah MERCUBAKTIJAYA

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) MERCUBAKTIJAYA Padang merupakan institusi pendidikan tenaga kesehatan yang diselenggarakan oleh Yayasan MERCUBAKTIJYA Padang. Yayasan ini didirikan pada tahun 1992 dengan Akta Notaris Hendri Final, SH dengan No. 14 tanggal 31 Desember 1992. Nama MERCUBAKTIJAYA itu sendiri merupakan singkatan dari nama-nama pendiri dari yayasan tersebut yaitu :

  • Muslim, SKM (M)
  • Elmiyasna K., SKp, MM (E)
  • Rustam Effendi, SH (R)
  • Chairun, BSc, S.Pd (C)
  • Ulvi Mariati, S.Kp, M.Kes (U)
  • H. Bachtiar Karatu, SKM (BAKTI)
  • Jasmarizal, SKp, MARS (J)
  • Anandia Yuska (AYA)

STIKes MERCUBAKITIJAYA Padang terletak di Jalan Jamal Jamil Pondok Kopi Siteba Padang. Pada awalnya, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan tinggi di bidang kesehatan, maka mulai tahun akademik 1993-1994 Yayasan MERCUBAKTIJAYA Padang menyelenggarakan Pendidikan Diploma III Keperawatan dengan didirikannya Akademi Perawatan MERCUBAKTIJAYA Padang  dengan dasar Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 00.06.1.1.1819 tanggal 21 Mei 1993.

Kampus pertama Akper MERCUBAKTIJAYA Padang berlokasi di Jl. Sudirman Padang selama 2 tahun. Selanjutnya sesuai dengan situasi saat itu akhirnya kampus pindah ke jalan Sawahan Padang selama 4 tahun. Pada tahun 1998, Akper MERCUBAKTIJAYA Padang pindah ke kampus milik sendiri di jl. Jamal Jamil Pondok Kopi Siteba Padang dengan kampus berlantai II yang dibangun secara bertahap sesuai kemampuan yayasan. Akademi Perawatan MERCUBAKTIJAYA Padang, pertama dipimpin oleh   Direktur ibu Hj.Ulvi Mariati, SKp tahun 1993-1999. Adapun Direktur Akper  berikutnya adalah bapak Jasmarizal, SKp, MARS tahun 1999-2003 dan dilanjutkan oleh ibu Miftahul Magfirah, SKp sebagai  Direktur sampai tahun 2005.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pendidikan kesehatan khususnya pendidikan tenaga bidan, maka pada tahun akademik 2001-2002 yayasan MERCUBAKTIJAYA Padang ikut berkonstribusi dalam memenuhi kebutuhan tersebut,  dengan penyelenggarakan pendidikan Diploma III Kebidanan. Pendirian Akademi Kebidanan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. HK.00.SJ.SK.VIII.1170 tanggal 16 Oktober 2001 dan diperkuat dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 55/D/0/2002, dengan direktur pertama adalah ibu Laili Nikmah, SSiT beserta pembantu direktur ibu Sujiatini, SSiT dari Jogjakarta tahun 2001 – 2002 dan kemudian dilanjutkan oleh ibu Dra Hj.Warnetty tahun 2003 – 2006.

Sesuai dengan tuntutan kualifikasi pendidikan tenaga kesehatan yang lebih mengarah kepada tenaga yang lebih profesional, maka Yayasan MERCUBAKTIJAYA Padang perlu mengembangkan institusi pendidikan yang ada dibawah naungan Yayasan MERCUBAKTIJAYA Padang. Hal ini direalisasikan dengan melakukan perubahan bentuk dari Akademi Perawatan dan Akademi Kebidanan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) MERCUBAKTIJAYA Padang dengan  Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 195/D/O/2005 tanggal 29 Desember 2005, yang berada dalam lingkup pembinaan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri. STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang terdiri Program Studi Diploma III Keperawatan, Program Studi Diploma III Kebidanan, Program Studi Strata 1 Keperawatan. Sebagai ketua STIKes pertama adalah bapak dr. H. Bachtiar Karatu, SKM dari tahun 2005 – 2007 dan dilanjutkkan oleh ibu Hj Elmiyasna K., SKp, MM hingga tahun 2020. Saat ini STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang telah memiliki 4 Program Studi (Prodi) yaitu; Prodi D III Keperawatan, Prodi D III Kebidanan, Prodi S1 Keperawatan dan Prodi Profesi Ners.

Dalam sejarah perjalanan STIKes MERCUBAKTIJAYA selanjutnya, STIKes MERCUBAKTIJAYA selalu berbenah diri dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta sarana prasarana guna menunjang proses belajar mengajar, sehingga nantinya menghasilkan insan-insan yang profesional. Upaya tersebut dengan menyekolahkan para dosen kejenjang pendidikan lebih tinggi yaitu S1 maupun S2 baik didalam negeri maupun luar negeri. Untuk sarana prasarana dengan menambah ruang kelas, kelengkapan  kebutuhan laboratorium, laboratorium komputer, koleksi buku pustaka, dan media pembelajaran berupa LCD disetiap kelas secara permanen.

Sebagai wujud nyata dalam pelaksanaan  Tri Darma Perguruan Tinggi  STIKes MERCUKTIJAYA Padang telah melaksanakan banyak kegiatan yang bersifat akademik, berupa seminar-seminar baik yang bertaraf nasional maupun internasional. Sedangkan yang bersifat pengabdian masyarakat dilaksanakan oleh dosen berupa bimbingan dan penyuluhan kesehatan dan Praktek Kerja Lapangan mahasiswa STIKes MERCUBAKTIJAYA  di daerah binaan yaitu di  kecamatan Nanggalo Padang. Kegiatan penelitian juga dilaksanaan oleh dosen baik yang dibiayai oleh yayasan MERCUBAKTIJAYA maupun oleh Dikti dalam bentuk penelitian dosen muda ataupun hibah bersaing. Hasil penelitian langsung dipublikasikan dalam Journal MERCUBAKTIJAYA Nursing and Midewifery (MNM) yang diterbitkan sejak tahun 2009 dengan ISSN No.  2085 – 1170. Dalam rangka mengembangkan kreatifitas mahasiswa dikampus, pihak kampus juga telah menyiapkan sarana olah raga, kesenian, berupa lapangan olah raga serta alat musik, sehingga setiap minggu terakhir setiap bulannya dilaksanakan hari krida yang diikuti oleh seluruh mahasiswa,  seluruh staf dan karyawan. Kegiatan yang bersifat kompetisi juga dilaksanakan baik di kampus ataupun luar kampus, diantaranya kegiatan debat bahasa Inggeris yang diadakan oleh Kopertis wilayah X ataupun oleh Dikti.

Untuk menjamin legalitas operasional penyelenggaraan pendidikan tinggi, STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang sudah mendapatkan perpanjangan izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional untuk masing-masing Prodi, setiap 3 tahun untuk Prodi DIII Keperawatan dan Kebidanan dan setiap 4 tahun untuk Prodi S I Keperawatan. Komitmen STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang untuk terus berupaya meningkatkan kualitas penyelenggaran pendidikan dapat diperlihatkan dengan telah terakreditasinya ketiga Program Studi di STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan Nasional.  Status Akreditasi Program Studi D-III Keperawatan dinyatakan dengan SK Nomor 490/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/XII/2014, Program Studi D-III Kebidanan dinyatakan dengan SK Nomor 072/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/II/2015. Sedangkan status Akreditasi Program Studi S-I Keperawatan dinyatakan dengan SK 488/SK/BAN-PT/Akred/PN/XII/2014 dan status Akreditasi Program Studi Profesni NERS dinyatakan dengan SK 488/SK/BAN-PT/Akred/PN/XII/2014. Akreditasi ini akan berakhir pada tahun 2019 sehingga pada tahun 2018 harus diajukan Reakreditasi.

Kejadian penting yang dialami STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang dan dapat dijadikan tonggak sejarah (milestone) adalah sebagai berikut :

TanggalRangkaian Kegiatan
21 Mei 1993Berdirinya Akademi Perawatan MERCUBAKTIJAYA Padang
16 Oktober 2001Berdirinya Akademi Kebidanan MERCUBAKTIJAYA Padang
29 Desember 2005

Perubahan Bentuk Akademi Perawatan dan Akademi Kebidanan MERCUBAKTIJAYA Padang menjadi STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang dengan penambahan satu program studi yaitu Program Studi S1 Keperawatan

11 Juni 2011Penambahan Prodi Profesi Ners

Pelaksanaan pendidikan di STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang diwarnai oleh visi dan misi yang ditetapkan pada rapat kerja tahunan STIKes MERCUBAKTIAJAYA Padang pada bulan  Mei 2003 di Malibou Anai Padang Pariaman. Rapat kerja ini dihadiri oleh unsur pimpinan beserta staf dan juga diikuti oleh stakeholders . Pada tahun 2015 kembali dilakukan Workshop Tata Kelola Perguran Tinggi STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang sebagai langkah peninjauan ulang visi misi dan juga penentuan target renstra 2016-2020. Berdasarkan rapat kerja/workshop tersebut dirumuskan visi STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang sebagai berikut : “Menjadi Pusat Pendidikan Tinggi Kesehatan yang berkarakter dan kompetitif Tahun 2020. Visi ini memberikan gambaran tentang hasil yang akan dicapai oleh STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang ke depan yang mempunyai ruang lingkup nasional.

sumber : Renstra STIKes MERCUBAKTIJAYA 2016-2020