Enter your keyword

Program Studi  S1 Keperawatan adalah salah Program Studi yang ada dibawah naungan STIKes  MERCUBAKTIJAYA Padang berdiri pada tanggal 30 Desember 2005 yang disahkan dengan SK Menteri Pendidikan nasional No. 195/D/O/2005, namun operasional kegiatan baru dimulai pada tahun 2006 karena satu tahun setelah izin pendirian digunakan untuk persiapan. Seiring dengan perkembangan pendidikan keperawatan, maka STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang juga mengembangkan Program Studi Profesi Ners. Ijin penyelenggaraan Program Studi Profesi Ners ini berdasarkan kepada keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.122/E/O/2012 ditetapkan di Jakarta tanggal 17 April 2012, yang sebelumnya penyelenggaraanya berdasarkan Surat Mandat kementrian pendidikan nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No.1783/E/T/2011 tanggal 11 November 2011 perihal Penugasan Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Profesi Ners. Pendirian Program Studi Profesi Ners  dilatar belakangi oleh perkembangan ilmu-ilmu keperawatan yang dibutuhkan dalam pembangunan Indonesia dan perluasan STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang.

Pelaksanaan program pendidikan pada Prodi S1 Keperawatan dan Prodi Profesi Ners dilaksanakan dalam 2 (dua) tahapan yaitu tahap akademik (S.Kep) yang dilaksanakan dalam 8 (delapan) semester dan dilanjutkan dengan tahap profesi (Ners) dalam kurun waktu selama 2-3 semester. Kedua tahap ini dilaksanakan sebagai satu kesatuan utuh. Pelaksanaan proses pembelajaran pada Prodi S1 Keperawatan dan Prodi Profesi Ners berpedoman pada Kurikulum Pendidikan Ners yang telah disusun oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI).

Visi

Menjadi Program Studi Profesi Ners yang menghasilkan lulusan yang berkarakter dan kompetitif serta unggul dalam keperawatan komplementer tahun 2020

Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan keperawatan yang berkarakter dan kompetitif dengan unggulan keperawatan komplementer.

  2. Mengembangkan penelitian dibidang keperawatan untuk menghasilkan karya ilmiah dan publikasi yang menjadi rujukan nasional dengan unggulan keperawatan komplementer.

  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat secara professional dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat dengan unggulan keperawatan komplementer.

  4. Membangun sistem manajemen/tata kelola Prodi yang bermutu dan berkesinambungan.

Tujuan

  1. Menghasilkan alumni yang berakhlak (jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, percaya diri, sopan santun dan kompetitif (inovatif, kreatif dan proaktif serta unggul dalam keperawatan komplementer.

  2. Terselenggaranya pengembangan penelitian dibidang keperawatan sebagai nasional serta unggul dalam keperawatan komplementer.

  3. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat dibidang keperawatan yang mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta unggul dalam keperawatan komplementer.

  4. Terselenggaranya sistem manajemen/tata kelola Prodi Profesi Ners yang bermutu dan berkesinambungan.

Sasaran

Sasaran tujuan 1:

  1. Terselenggaranya proses belajar mengajar yang unggul dalam IPTEKS dan metode.

  2. Tersedianya sumber belajar yang mutakhir dan terakses.

  3. Terciptanya lingkungan belajar yang kondusif.

  4. Dihasilkan lulusan yang berkarakter dan kompetitif.

 

Sasaran tujuan 2:

  1. Terciptanya inovasi dan kreativitas dalam bidang keperawatan yang menjawab masalah kekinian dan tantangan masa depan.

  2. Terselenggarakan kegiatan penelitian yang sesuai dengan kaedah penelitian.

  3. Tersedianya lingkungan yang kondusif untuk penyelenggaraan penelitian dan publikasi yang mendapat pengakuan nasional.

 

Sasaran tujuan 3:

  1. Terwujudnya komitmen tanggung jawab sosial dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kaedah pengabdian kepada masyarakat.

  2. Terselenggaranya pengabdian masyarakat berdasarkan hasil belajar dan mengajar dan penelitian untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

 

Sasaran tujuan 4:

  1. Terimplementasikannya sistem manajemen mutu yang berkarakter dalam tata kelola Prodi.

  2. Terwujudnya pengembangan sumberdaya manusia yang sesuai dengan tuntunan regulasi dan perkembangan organisasi.

  3. Terwujudnya struktur Prodi yang sesuai dengan tuntutan stakeholder.