Enter your keyword

Pengabmas Prodi S1 Kebidanan Pembentukan Forum Masyarakat Sehat Menuju Kelurahan Sehat

Pengabmas Prodi S1 Kebidanan Pembentukan Forum Masyarakat Sehat Menuju Kelurahan Sehat

Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi S1 Kebidanan
“PEMBENTUKAN FORUM MASYARAKAT SEHAT MENUJU KELURAHAN SEHAT”

Pembacaan Kalam Ilahi oleh mahasiswa S1 Kebidanan Ratu Meila Suci dan Sari Tilawah oleh Mike Soraya

Kata sambutan dari Sekretaris Lurah Kelurahan Kurao Pagang, Sudirman M.

Kata sambutan sekagilus pemaparan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Tentang Pembentukan Forum Masyarakat Sehat Menuju Kelurahan Sehat oleh Ketua Prodi S1 Kebidanan, Devi Syarief, S.SiT, M. Keb

Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di Kelurahan Kurao Pagang Kecamatan Nanggalo Kota Padang pada tanggal 15 Oktober 2019, dimana pengabdian masyarakat merupakan salah satu dari kewajiban Dosen sebagi tenaga Profesional dan Ilmuwan dalam rangka melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi selain Pendidikan dan Penelitan yang tertuang dalam UU No. 14 tahun 2005. Tugas utama seorang dosen yaitu mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh Dosen Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi, dilaksanakan Pembentukan Forum Masyarakat Sehat Menuju Kelurahan Sehat di Kelurahan Kurao Pagang Kecamatan Nanggalo Kota Padang pada tanggal 15 Oktober 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Sudirman M selaku Sekretaris lurah kelurahan Kurao Pagang, Bidan-bidan Pembina Wilayah Kelurahan Kurao Pagang, Seluruh Ketua RW, seluruh Ketua RT, Ibu ketua PKK Kelurahan, Ketua Karang Taruna, ketua Badan Kerjasama Masjid se kelurahan, Ketua LPM kelurahan, dan Ibu-ibu Kader se Kelurahan Kurao Pagang. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Istiqomah Durian Ratus Kelurahan Kurao Pagang Kecamatan Nanggalo

Alasan pemilihan Kelurahan Kurao Pagang sebagai tempat pengabdian masyarakat dari Prodi S1 Kebidanan yaitu salah satu bentuk pengabdian Institusi STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang terhadap masyarakat di lingkungan sekitarnya dan sebagai bentuk kontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kota Padang khususnya Kurao Pagang.

Pembentukan forum masyarakat ini didasari oleh UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dimana Penyelenggaraan pembangunan perkotaan dan perdesaan perlu mengikutsertakan masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat.

Pembentukan forum masyarakat sehat ini terbagi menjadi TIGA bagian forum yaitu :

  1. Pembentukan kelompok masyarakat Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), yang diketuai oleh ibu Yustina, SE dan dari pihak institusi diketuai oleh ibu Desi Wildayani, Bd., M.Keb, bentuk kegiatannya dalam waktu dekat adalah Pelatihan tentang Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) dengan Stiker serta Aksi pemasangan Stiker P4K bersama oleh Forum Peduli KIA, pengabdi, ibu hamil dan bidan Pembina wilayah.
  2. Pembentukan Pos Gizi Kelurahan, diketuai oleh ibu Siti Aminah dan dari pihak institusi diketuai oleh ibu Gina Muthia, S.SiT, M.Keb, bentuk kegiatannya bentuk kegiatannya dalam waktu dekat adalah pelatihan kader dalam mendeteksi dini masalah gizi pada balita dan Pendampingan kader dalam mendeteksi dini masalah gizi pada balita.
  3. Pembentukan kelompok remaja peduli sehat, diketuai oleh Bapak Asri Zamli dan dari pihak institusi diketuai oleh ibu Putri Nelly Syofiah, S.SiT, M.Keb, bentuk kegiatannya bentuk kegiatannya dalam waktu dekat adalah Pendidikan kesehatan tentang perilaku seksual menyimpang dan Pendidikan kesehatan tentang HIV-AIDS.

Foto bersama seluruh undangan dengan tim Pengabdian Masyarakat Prodi S1 Kebidanan STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang

Seluruh kelompok forum masyarakat ini berada dibawah pembinaan Pihak Kelurahan dan Bidan Pembina wilayah Kelurahahn dan akan melaksanakan kegiatan secara berkesinambungan. Kegiatan ini juga telah dipublikasikan oleh Padang TV.

No Comments

Leave a Reply