Enter your keyword

Pembukaan PKKMB TA 2019/2020 – Hari Pertama

Pembukaan PKKMB TA 2019/2020

Hari Pertama

This slideshow requires JavaScript.

Senin, 2 September 2019. Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) resmi dibuka. Pembukaan ini dihadiri sekretaris LLDIKTI Wilayah X bapak Yandri A, SH. MH. Acara dimulai tepat jam 8 pagi, yang diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran beserta artinya oleh dua orang mahasiswa baru. Setelah itu para hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama.

This slideshow requires JavaScript.

Ketua pelaksana PKKMB, Ns. Defrima Oka S, M.Kep, Sp, Kep, Kom memberikan sambutan dalam acara pembukaan. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemakaian almamater secara simbolis kepada dua orang mahasiswa baru yang dilakukan oleh wakil ketua satu yaitu ibu Mitayani, S.ST, M.Biomed dan wakil ketua tiga ibu Zulfita, S.SiT, M.Biomed. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan janji dan sumpah mahasiswa yang dipimpin oleh salah satu peserta dan diikuti oleh yang lainnya. Setelah itu, mahasiswa baru menyanyikan lagu mars dan hyme STIKes Mercubaktijaya Padang secara bersama-sama. Tampak semua mahasiswa dengan semangat bernyanyi.

This slideshow requires JavaScript.

Waket satu, Mitayani, S.ST, M.Biomed memberikan sepatah kata dengan sedikit penjelasan tentang bidang akademik dan program studi yang ada di STIKes Mercubaktijaya. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemberian materi sekaligus pembukaan secara resmi oleh sekretaris LLDIKTI Wilayah X bapak Yandri A, SH. MH dengan didampingi wakil ketua 3 ibu Zulfita, S.SiT, M.Biomed tentang Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia dan Pembinaan Nasional Revolusi Mental di Perguruan Tinggi. Selama pemberian materi tersebut, tampak mahasiswa antusias mengikuti. Terlihat pada saat sesi tanya jawab pada akhir acara, beberapa pertanyaan diajukan oleh mahasiswa baru.

This slideshow requires JavaScript.

Selanjutnya, bapak Jasmarizal, SKp, MARS sebagai Ketua Yayasan STIKes Mercubaktijaya Padang memberikan penjelasan Struktur Organisasi Yayasan Mercubaktijaya Padang. Selama penjelasan, tampak canda gurau sehingga susana lebih hangat dan tidak tegang. Sama halnya dengan sebelumnya, saat sesi tanya jawab dibuka, ada beberapa pertanyaan yang diajukan. Salah satunya adalah peran mahasiswa baru dalam proses akreditasi program studi (karena program studi Terapi Wicara merupakan program studi baru dan satu-satunya di Sumatra).
Setelah itu, giliran wakil ketua satu memberikan penjelasan tentang struktur STIKes Mercubaktijaya, dan menghadirkan masing-masing ketua prodi, sekretaris dan ketua ADAK, ADUM dan ICT. Penjelasan ini diperlukan agar mahasiswa baru tersebut tahu dengan siapa harus berhubungan dan ke bagian mana.

This slideshow requires JavaScript.

Setelah istirahat, acara dilanjutkan kembali jam 13.30. Yaitu pemberian materi oleh bapak Ns. Defrima Oka S, M.Kep, Sp, Kep, Kom, ibu Weny Amelia, M. Kep., Sp. KMB dan ibu Nila Eza Fitria SST., M.Kes. Masing-masing memberikan materi terkait Penelusuran Informasi, Teknik Penulisan Karya Ilmiah, dan Plagiarisme, Teknik Pengutipan dan Daftar Pustaka. Setelah pemberian materi, diberikan kesempatan kepada mahasiswa baru untuk bertanya dan berdiskusi.

This slideshow requires JavaScript.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh bapak Afrizal, SKM, M.Kes sebagai kepala bagian ADAK tentang Administrasi Akademik. Penjelasan berisikan bagaimana proses awal perkuliahan dengan mengisi Kartu Rencana Studi (KRS), mendapatkan Lembaran Hasil Studi (LHS) hingga pendaftaran wisuda dan sebagai alumni. Dijelaskan juga hak dan kewajiban apasaja yang akan didapatkan oleh mahasiswa baru selama perkuliahan.
Sesi berikutnya berisikan materi tentang Sistem Informasi, yang disampaikan oleh kepala bagian ICT bapak Asriwan Guci, M. Kom. Penjelasan yang disampaikan berupa apa saja tujuan dan fungsi dari ICT, kemudian pembagian tugas dan kemana nantinya mahasiswa harus melapor jika ada masalah dengan sistem yang ada di kampus.

This slideshow requires JavaScript.

Sesi terakhir diisi oleh bapak Muzhardi Kahar BA dari BKKBN Kota Padang. Beliau memberikan materi tentang SDM Cerdas, HIV AID, LGBT, dan Penyimpangan Seksual. Selama penyampaian materi, beliau menampilkan contoh-contoh yang nyata agar lebih mudah dipahami oleh peserta. Sekali-kali, beliau juga berdiskusi dan bertanya jawab dengan mahasiswa. Mahasiswa tampak antusias dan semangat.

No Comments

Leave a Reply